3 Tantangan Utama Yang Dihadapi Sektor Pertanian Dunia

3 Tantangan Utama Yang Dihadapi Sektor Pertanian Di Dunia – Hallo sobat teknologitani.com, sebelum membahas apa saja 3 tantangan utama yang dihadapi sektor pertanian dunia di masa kini dan masa yang akan datang, kita perlu memahami masalah utama yang dihadapi oleh kebanyakan negara di dunia yaitu masalah kelangkaan pangan.

Masalah kelangkaan pangan khususnya pada negara berkembang adalah karena ketidakmampuan mereka memproduksi pangan secara mandiri.

Penyebabnya bisa karena banyak faktor seperti kondisi sumber daya alam negara yang tidak memungkinkan, minimnya inovasi teknologi pertanian serta kondisi negara tersebut yang mengalami krisis baik secara politik maupun ekonomi.

Jadi sebenarnya di dunia ini ada negara yang hasil pertaniannya surplus (melebihi kebutuhan sendiri) yakni negara-negara yang memiliki lahan pertanian yang luas serta dikombinasikan dengan penggunaan teknologi pertanian modern (yang dihasilkan oleh lembaga riset mereka).

Sementara bagi negara yang kemampuan ekonominya lemah (baca negara miskin), kemiskinan dan kelaparan masih menjadi pekerjaan utama yang perlu dibereskan.

Setidaknya jika negara tersebut dapat tumbuh ekonominya tentu saja masalah pangan bisa diselesaikan dengan mengimpor dari negara lain. Contoh seperti yang dilakukan Singapura. Untuk memenuhi kebutuhan pangan, negara tersebut mengimpor dari negara tetangga seperti Malaysia dan Indonesia.

Masalah kelangkaan pangan dunia, nampaknya akan terus meningkat mengingat ada 3 tantangan utama yang dihadapi sektor pertanian dunia di masa kini dan masa yang akan datang.

1. Pertumbuhan populasi manusia yang semakin meningkat

Pertuumbuhan penduduk dunia nampaknya akan terus meningkat di masa yang akan datang. Hal tersebut sangat masuk akal mengingat progress angka pertumbuhan penduduk tiap dekade-nya selalu positif.

Logika-nya semakin bertambah jumlah penduduk, maka kebutuhan atau permintaan akan pangan juga semakin meningkat. Solusinya adalah tak hanya melakukan perluasan lahan pertanian tapi juga melakukan berbagai inovasi teknologi serta pemberdayaan petani milenial sehingga produktivitas pangan dapat ditingkatkan.

2. Kerusakan sumber daya alam

Khususnya sumber daya tanah dan air. Ada gejala lahan pertanian produktif mengalami degradasi lahan, dimana lahan mengalami kerusakan akibat aktivitas manusia sehingga lahan pertanian menjadi tercemar limbah.

tantangan sektor pertanian
Salah satu tantangan sektor pertanian, penggundulan hutan adalah sumber kerusakan alam dan lingkungan….

Sumber daya air nya pun ikut mengalami hal yang sama, banyak lahan yang tak hanya air tanahnya tercemar oleh limbah, tapi bahkan sumber air tanahnya mengalami kekeringan akibat banyak hutan yang gundul.

Pembukaan hutan untuk pemukiman, industri perkebunan ataupun lahan pertanian justru secara langsung maupun tidak langsung berpengaruh bagi degradasi tanah dan air. Untuk itu perlu dipikirkan lagi penerapan teknologi pertanian yang berwawasan lingkungan dan berkelanjutan.

3. Perubahan iklim (Climate Change)

Isu perubahan iklim tidak dapat dianggap sebelah mata. Perubahan iklim nyatanya sudah kita rasakan saat ini dimana sangat sulit untuk mendeteksi musim hujan atau musim kemarau secara tepat.

Akibatnya banyak wilayah yang mengalami kekeringan pada level yang parah (karena musim kemaraunya menjadi panjang), sebaliknya ada wilayah yang tak pernah banjir justru menjadi daerah banjir baru (karena adanya peningkatan curah hujan yang tidak normal).

Dan dampaknya adalah produktivitas pertanian, sulit dioptimalkan. Perubahan iklim juga berdampak pada masalah lingkungan jangka panjang seperti degradasi tanah dan mata air.

Oleh karena itu diperlukan upaya khusus untuk beradaptasi dengan perubahan iklim, seperti pemanfaatan teknologi pertanian yang efisien penggunaan air dan tanpa penggunaan tanah, serta yang terpenting adalah mencegah hutan dan vegetasinya dari kerusakan akibat ulah manusia.

Baca juga : Teknologi Precision Farming: Optimalkan Hasil dan Minimalkan Resiko Gagal Panen

Nah sobat teknologitani.com, itulah 3 tantangan utama yang dihadapi sektor pertanian di dunia, baik di masa sekrang maupun yang akan datang. Tentu kita semua berharap bahwa kita mampu menghadapi tantangan tersebut.

Dengan kekuatan sumber daya alam dan sumber daya manusia yang bangsa Indonesia miliki, saya yakin bangsa Indonesia justru mampu berkontribusi menjadi lumbung pangan dunia yang menyediakan sumber pangan tak hanya untuk warga negara-nya tapi untuk negara lain.

Like and Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *