Cara Memperoleh Manfaat Buah Sayur Dengan Membuat Infused Water

Cara Memperoleh Manfaat Buah dan Sayur Dengan Membuat Infused Water [Bisa Cegah Dehidrasi] – Hallo sobat teknologitani.com, ada banyak cara mendapatkan manfaat dari hasil pertanian berupa buah atau sayur, misalnya dikonsumsi langsung dalam keadaan segar.

Atau mengolahnya menjadi juz, selai, salad. Atau mengolahnya menjadi minuman sari buah misalnya minuman sari buah apel, sari buah jeruk dan lain-lain.

memperoleh manfaat buah sayur
memperoleh manfaat buah sayur

Selain cara di atas, kita bisa memperoleh manfaat buah sayur tanpa menghancurkan daging buahnya dengan cara membuat air infusan atau infused water.

Infused water adalah air yang diberi potongan buah/sayur kemudian diletakkan di dalam lemari es selama beberapa jam. Biasanya 3-5 jam.

Manfaat infused water

Selain bermanfaat menyegarkan tubuh dan mencegah dehidrasi, ia juga berfungsi sebagai antioksidan yang berasal dari nutrisi buah atau sayur.

Antioksidan berguna untuk mencegah radikal bebas yang menurut berbagai sumber radikal bebas bisa menyebabkan penuaan dini.

Oleh karena manfaatnya itu, saat ini sudah banyak orang yang familiar membuat infused water, termasuk saya sendiri dan keluarga.

Saya termasuk baru saja mengenal dan sering membuat infused water. Istri saya yang selalu membuatkan. Katanya biar badan tetap segar dan prima.

Yap, sebagai orang yang sering beraktivitas di luar ruangan (bekerja di lapangan), saya sangat rentan terhadap resiko kekurangan cairan tubuh atau dehidrasi.

Padahal dehidrasi berdampak ke banyak hal, misalnya menurunnya tingkat konsentrasi, dan mudah letih/lelah. Dampak dehidrasi yang sering saya rasakan.

Tips dan cara membuat infused water dan bahan yang bisa digunakan

Membuat infused water itu termasuk mudah dan sederhana. Bahan-bahannya pun banyak tersedia.

  • Dalam membuat infused water, pilihlah buah yang punya rasa dan aroma yang nikmat, disamping punya banyak khasiat yang baik untuk tubuh.
  • Istri saya membuat infused water dari beberapa bahan yang dikombinasikan jadi satu antara lain lemon, dan daun mint.
  • Terkadang lemon, timun, apel. Tergantung bahan apa yang ada. Yang pasti selalu ada lemonnya. Bahan tersebut ia racik di malam hari menjelang tidur.
  • Keesokan harinya sudah siap dikonsumsi. Dikonsumsi di siang hari yang terik ternyata menyegarkan sekali, menghilangkan rasa haus yang sangat.
  • Selain lemon, mentimun, apel dan daun mint ternyata ada banyak bahan berkhasiat lain yang bisa ditambahkan seperti kayu manis, pegagan, serai dan seledri.
  • Bahan-bahan tersebut seperti yang kita ketahui bersama menghasilkan rasa dan aroma yang unik sehingga bisa membuat infused water yang kita buat semakin nikmat.

Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam membuat infused water

1.Air yang digunakan sebaiknya air yang matang dan dalam keadaan dingin. Jika menggunakan air mineral sebaiknya direbus dulu untuk mencegah adanya bakteri.

2.Wadah yang digunakan harus bersih. Umumnya berbahan kaca atau plastik yang aman. Jangan gunakan wadah berbahan aluminium karena bisa bereaksi dengan infused water.

Oke sobat teknologitani.com, itulah cara mudah memperoleh manfaat buah sayur dengan cara membuat infused water.

Baca juga : Yuk Mengenal Teknologi Pasca Panen Sayur Agar Kualitas Hasil Panen Tetap Terjaga

Bagaimana dengan anda sobat, pernahkah anda membuat infused water ? Bahan apa yang biasa anda gunakan, yuk sharing di kolom komentar. Terimakasih

Like and Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *