Membuat Durian Kaki Banyak [Tips dan Cara Ini Bisa Untuk Tanaman Buah Lain]

Membuat Durian Kaki Banyak [Tips dan Cara Ini Bisa Untuk Tanaman Buah Lain] – Hallo sobat apakah anda pernah melihat bibit atau tanaman durian berkaki banyak, 3, 4 bahkan 10 ? Bagaimana menurut anda?

Mungkin anda pernah bertanya-tanya, kenapa sih harus repot-repot bibit tersebut dibuat menjadi berkaki banyak ? Tepatnya sih dimodifikasi menjadi berkaki banyak.

Tentunya ada alasan yang cukup kuat, dan alasan tersebut adalah untuk mencegah serangan penyakit kanker batang yang biasa menyerang batang tanaman durian.

Apa itu penyakit kanker batang ?

Penyakit kanker batang yang disebabkan oleh jamur Phytoptora palmivora, telah banyak menyerang tanaman komoditas buah unggulan bernilai ekonomi tinggi seperti durian, mangga, alpukad dan lain-lain.

Sebagaimana kanker pada manusia, kanker batang pada tanaman pelan tapi pasti mematikan. Tanaman yang terserang kanker batang mula-mula bagian jaringan kulitnya yang akan diserang, kemudian menyebar ke jaringan xylem di pangkal batang.

Gejala serangan penyakit kanker batang

Gejala serangan yang bisa diamati pada tanaman yang terserang kanker batang, pada pangkal batang nampak busuk kehitaman.

Selanjutnya daun-daun tanaman akan berguguran, kemudian ranting mengering dan pada akhirnya tanaman mati.

Oleh karena itu dibutuhkan rekayasa teknologi budidaya durian agar bisa mencegah kematian tanaman sebagai dampak serangan kanker batang.

Cara mengatasi penyakit kanker batang

Salah satu cara untuk mencegah dampak atau akibat serangan kanker batang yaitu dengan modifikasi batang/kaki yang dikenal dengan Kaki Banyak (ada juga yang menyebut Kaki Ganda).

Modifikasi kaki dilakukan dengan cara menambahkan kaki tambahan agar bisa jadi penyelamat manakala batang utama tanaman terserang kanker batang.

Tanaman yang memiliki kanker batang menjadi tetap hidup (survive), dengan mengandalkan kaki-kaki tambahan tadi.

Sementara jika hal tersebut terjadi pada tanaman dengan batang tunggal maka kemungkinan besar tingkat kematian tanaman jauh lebih besar.

Teknik ini dilakukan pada tanaman buah yang memiliki tingkat kerentanan terhadap kanker batang yang cukup tinggi.

Membuat durian kaki banyak
Durian kaki banyak

Sementara itu jika varietas tanaman buah yang hendak anda tanam sudah memiliki ketahanan terhadap kanker batang, modifikasi kaki banyak tidak-lah diperlukan.

Cara dan langkah-langkah membuat durian kaki banyak antara lain :

  1. Siapkan batang tambahan baik dari varietas yang sama ataupun berbeda, misal batang utama durian musang king, batang bawahnya durian lokal.
  2. Misal mau buat kaki 3, siapkan 2 kaki tambahan lagi.
  3. Jangan lupa juga siapkan pisau tajam dan steril untuk okulasi dan plastik pembungkus agar tidak terkena air.
  4. Gunakan metode sambung sisip dalam menambahkan batang tambahan pada batang utama, caranya potong batang tambahan, dan kupas juga kulit batang utama, kemudian sisipkan batang tambahan tadi ke batang utama yang sudah terkupas.
  5. Kemudian bungkus rapat dengan plastik pembungkus (biasanya plastik es).
  6. Setelah kurang lebih 1 bulan sambungan sudah melekat kuat satu sama lain.

Hal yang perlu diperhatikan dalam membuat durian kaki banyak

Membuat durian kaki banyak dengan teknik penambahan kaki tambahan biasanya dilakukan setelah pindah tanam bibit (transplanting), bukan pada saat fase pembibitan.

Penyambungan batang tambahan dilakukan pada tanaman berusia minimal 1 tahun agar tingkat keberhasilannya tinggi.

Sebenarnya bisa saja membuat durian kaki banyak saat di pembibitan, namun prosesnya bisa jadi akan jauh lebih lama dan ribet.

Caranya yaitu, anda perlu menyiapkan 3 buah tanaman dulu, 1 untuk batang utama, dan 2 batang tambahan.

Kemudian lakukan penyambungan ketiganya dengan posisi batang masih berada pada polibag masing-masing.

Setelah ketiganya menyatu jadi satu, baru anda bisa melakukan pindah tanam ke lahan atau ke wadah yang lebih besar (misalnya drum atau planter bag). Namun anda perlu hati-hati agar sambungannya tidak bergeser atau lepas.

Saat ini teknik mencegah serangan kanker batang ini tak hanya di durian saja. Mulanya memang diterapkan hanya pada tanaman durian.

Baca juga : Teknologi Top Working Pada Tanaman Jeruk serta Caranya

Beberapa manfaat teknologi kaki ganda/kaki banyak

Ada banyak manfaat penggunaan teknik kaki banyak ini pada tanaman buah.

  1. Mencegah tanaman mati karena saat batang utama terserang kanker batang yang mematikan, masih ada batang cadangan yang siap melanjutkan estafet perjuangan. Terlebih batang cadangannya banyak, bahkan sampai 4 ya aman.
  2. Pertumbuhan tanaman jauh lebih cepat. Hal ini disebabkan daya serap air dan nutrisi oleh akar dari banyak batang juga jauh lebih besar dibandingkan dari 1 kaki.
  3. Berdasarkan pengalaman para pekebun, pertumbuhan tanaman yang lebih cepat ini hanya sampai tanaman berusia 2 tahun. Selebihnya tanaman tumbuh normal sama halnya dengan tanaman berkaki tunggal.
  4. Namun asumsi no 3 di atas masih perlu diuji lagi. Karena bisa jadi dengan penambahan nutrisi yang jauh lebih banyak mungkin pertumbuhan tanaman juga akan jauh lebih cepat.

Bagaimana menurut anda sobat teknologitani.com ?

Like and Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *