Mengenal Alat Pertanian (Implement) Yang Bisa Dipasang Di Traktor

Mengenal Alat Pertanian (Implement) Yang Bisa Dipasang Di TraktorHallo sobat teknologitani.com, penggunaan teknologi modern di bidang pertanian saat ini bisa dibilang merupakan suatu kebutuhan yang mendesak.

Jika dulu pertanian dikerjakan secara tradisional mulai dari olah tanah hingga panen, maka kini pertanian sudah memanfaatkan berbagai jenis teknologi modern.

Tak hanya jadikan pertanian nampak makin keren, tapi yang terpenting adalah produktivitas kegiatan usahatani bisa meningkat lebih tinggi, bisa jauh lebih effisien di waktu serta biaya (khususnya biaya tenaga kerja).

Penggunaan teknologi modern identic dengan penggunaan alat dan mesin pertanian canggih. Di era pertanian 4.0 saat ini, kebanyakan petani khususnya di negara maju tidak hanya menerapkan teknologi alat mesin pertanian.

Tapi juga berbagai jenis teknologi terbaru seperti teknologi sensor, teknologi internet of things (iot) dan lain-lain. Terkait pertanian 4.0 anda bisa baca artikel ini >> Mengenal Teknologi-teknologi Canggih Di Era Pertanian 4.0.

Salah satu alat mesin pertanian yang digunakan di era pertanian modern seperti sekarang ini yaitu tractor. Tractor merupakan kendaraan yang dapat digunakan untuk menarik maupun mendorong alat pertanian atau disebut juga implement.

Baca juga : Teknologi Autonomous Tractor: Traktor Tanpa Awak Berbasis IOT

Tractor adalah alat yang sangat bermanfaat bagi petani karena walau petani punya lahan luas, namun hanya butuh beberapa orang untuk menggarap lahan tersebut.

Bayangkan jika lahan luas tersebut dikerjakan dengan tenaga manusia tentu membutuhkan banyak tenaga kerja dan waktu yang lama, sehingga biaya operasional jadi tinggi.

Nah, kembali lagi ke judul, ada banyak alat pertanian  pelengkap (implement) atau mesin pertanian (trailer) yang dapat difungsikan/dipasang pada tractor. Apa saja itu?

Rotary tiller

Rotary tiller merupakan alat yang berfungsi sebagai pencacah tanah. Umumnya dipakai saat pembajakan tanah pertama atau kedua supaya tanah menjadi gembur.

Pada rotary tiller terdapat beberapa pisau yang berguna untuk memotong bagian permukaan tanah dengan kedalaman tertentu (sesuai kebutuhan petani). Implement ini biasanya diletakkan di belakang tractor.

Rotary harrow

Rotary harrow hampir sama dengan rotary tiller, yaitu berfungsi sebagai pencacah tanah. Tujuannya agar tanah jadi gembur dan siap tanam.

Pada rotary harrow terdapat beberapa pisau yang digunakan untuk memotong bagian permukaan tanah dengan kedalaman tertentu (sesuai kebutuhan petani). Implement ini biasanya diletakkan di belakang tractor.

Disk plow

Disk plow, adalah implement yang terdiri dari beberapa piringan ini berfungsi untuk membelah dan membalikan tanah, sehingga tanah lapisan atas yang subur berpindah ke bagian bawah tanah. Implement ini biasanya diletakkan di belakang tractor.

Disk harrow

Disk harrow, adalah implement berupa beberapa piringan berfungsi untuk memotong tanah hingga kedalaman tertentu. Digunakan pada saat proses pengolahan tanah untuk menghasilkan tanah yang halus. Implement ini biasanya diletakkan di belakang tractor.

Corn seeder

Corn seeder merupakan alat tanam jagung. Bibit jagung dimasukkan ke dalam tangkii kemudian dikeluarkan melalui lubang bibit, kemudian ditutup tanah. Implement ini biasanya diletakkan di belakang tractor.

Sugar cane grabber

Sugar cane grabber merupakan alat yang digunakan untuk mengangkut atau memindahkan batang tebu yang sudah dipanen. Grabber berfungsi mencengkeram batang tebu kemudian mengangkatnya.

Di saat yang sama tractor dapat bergerak menuju tempat tebu dipindahkan. Implement ini biasanya diletakkan di belakang tractor, namun posisi grabber berada di depan tractor.

Sugar cane planter

Sugar cane planter atau alat penanam tebu. Cara kerjanya tebu yang masuk ke lubang dipotong lalu dimasukkan ke tanah.

Ridger pada alat tersebut berfungsi membuat guludan bagi bibit tebu untuk kemudian bibit tebu tersebut ditimbun tanah. Implement ini biasanya diletakkan di belakang tractor.

Sugar cane guard

Sugar cane guard merupakan alat pelindung bagi petani saat mengendarai tractor, khususnya dari cedera fisik akibat kontak langsung dengan daun tebu saat bekerja di lahan tebu.

Cassava planter

Cassava planter atau alat tanam singkong. Cara kerjanya, pertama-tama bibit singkong dimasukkan kedalam tempat bibit untuk dipotong secara otomatis, lalu bibit ditanam dalam tanah. Implement ini biasanya diletakkan di belakang tractor.

Fertilizer drop spreader ripper

Fertilizer drop spreader ripper, yakni alat pemupukan sekaligus pemotong gulma. Untuk pemupukan, pupuk dimasukkan ke dalam tangka untuk disalurkan ke selang.

Sementara untuk penyiangan ada bagian bernama ripper yang berguna untuk memotong akar gulma. Implement ini biasanya diletakkan di belakang tractor.

Boom sprayer

Boom sprayer merupakan alat untuk penyiraman air, penyemprot pupuk cair ataupun pestisida. Implement ini biasanya diletakkan di belakang tractor.

Boom sprayer, salah satu alat/implement yang bisa dipasang di traktor

Fertilizer spreader

Fertilizer spreader atau alat penebar pupuk butiran. Pupuk dikeluarkan dari tangka, kemudian disalurkan menuju lubang penebar pupuk secara otomatis. Implement ini biasanya diletakkan di belakang tractor.

Grass cutter

Grass cutter atau alat pemotong rumput, memotong rumput dengan ketinggian tertentu. Pisau potong pada alat ini terbuat dari baja kualitas tinggi, bekerja menghasilkan potongan rapi dan teratur. Implement ini biasanya diletakkan di belakang tractor.

Front loader

Front loader merupakan implement yang berfungsi untuk memindahkan material menuju kendaraan angkut. Implement ini dipasang di bagian depan tractor.

Front dozer

Front dozer, adalah implement yang berfungsi untuk mendorong atau meratakan tanah. Implement ini biasanya digunakan saat persiapan lahan sehingga tanah bergelombang bisa jadi rata. Implement ini dipasang di bagian depan tractor.

Like and Share :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *