[Review] Agrowisata Kebun Teh Wonosari PT. Perkebunan Nusantara XII

[Review] Agrowisata Kebun Teh Wonosari PT. Perkebunan Nusantara XII – Bosan dengan rekreasi yang itu-itu saja. Ingin mencari suasana sejuk dan asri, atau ingin rekreasi tapi juga ingin tambah ilmu.

Yuk, mampir ke salah satu agrowisata di Kota Batu Malang, yaitu Kebun Teh Wonosari PT. Perkebunan Nusantara XII.

Agrowisata ini dapat menjadi alternatif destinasi wisata keluarga Jawa Timur, sebagai pengganti wisata Puncak di Bogor.

Meski sempat “mati suri” Agrowisata kebun teh ini mulai mendapatkan pengunjung dengan diadakannya Wisata Agro Wonosari Fes-tea-val.

Kebun teh ini juga relatif dekat dengan objek wisata yang lainnya, seperti Indonesia Safari Park II Prigen dengan jarak 20,4 km, Badug Asu dengan jarak 14,5 km, atau Candi Sumberawan dengan jarak 8,4 km.

Daripada penasaran, Yuk intip lebih jauh Kebun Teh yang telah ada sejak zaman Belanda ini.

Lokasi, jarak, dan cara tempuh

kebun teh wonosari
Kebun teh wonosari. Sumber gambar: bisnistoday.id/

Agrowisata Kebun teh ini berlokasi di Kaki Gunung Arjuno, tepatnya di Desa Toyomarto, Kecamatan Singosari, Provinsi Jawa Timur.

Berjarak 24,5 km dari Kota Malang atau setara dengan 47 menit perjalanan mobil dan 83,9 km dari Kota Surabaya atau selama 1 jam 40 menit perjalanan mobil.

Jika melakukan perjalanan dengan kendaraan pribadi dari Surabaya, gunakanlah jalur utama Surabaya-Malang.

Selain itu, Wisata yang berawal dari kebun teh milik belanda bernama NV. Cultur Maathappy ini juga dapat ditempuh menggunakan kereta api.

Dengan pemberhentian di Stasiun Lawang kemudian menggunakan angkutan umum berkode SLKW dari stasiun menuju lokasi wisata tersebut.

Atau jika dari luar kota dan berhenti di Terminal Arjosari, pengunjung dapat menggunakan angkot berkode LA untuk turun di Pasar Lawang, lalu menaiki angkot SLKW.

Fasilitas dan aktivitas yang tersedia

Berkunjung ke kebun teh seluas 1.144 hektare ini, pengujung tidak perlu khawatir dengan ketersdiaan fasilitas yang ada.

Agrowisata ini telah menyediakan tempat olahraga, restoran, minimarket, fasilitas penginapan, serta masjid.

Selain dapat menikmati pemandangan yang sejuk khas pegunungan, pengunjung juga dapat menambah wawasan terkait produksi teh di sana mulai dari proses pemetikan sampai pada proses pengepakan serta pemasaran.

Hanya saja perlu diketahui kegiatan proses produksi tersebut hanya dapat dilihat saat hari-hari kerja, tidak di akhir pekan.

Selain itu, di sana terdapat instalasi jaringan internet nirkabel (Wi-Fi), fasilitas sewa ATV, mobil battery, sepeda gunung, kuda wisata, kereta mini, serta sepeda air.

Di sana juga menyediakan lapangan tenis, sepakbola, dan voli. Jangan lupa, pengujung juga dapat dimanjakan dengan adanya flying fox, wall climb, dan paint ball.

Tidak lupa di sana disediakan juga pemandian air hangat yang sangat cocok untuk pengujung yang ingin bersantai serta melepas kepenatan.

Informasi, fasilitas penginapan serta reservasi

Untuk pengujung dari luar Kota Malang atau yang ingin menghabiskan waktu bermalam di kebun teh ini dapat melakukan reservasi penginapan di sana.

Pengujung dapat memesan ruang penginapan mulai dari 1 kamar dengan biaya Rp 275.000 sampai 6 kamar dengan biaya Rp 2.000.000, masing-masing dengan fasilitas disediakan.

Jika ingin mengadakan meeting, atau mengadakan perayaan seperti pernikahan atau ulang tahun, pengujung dapat memesan mulai dari lapangan sampai aula di sana.

Untuk melakukan reservasi serta info lebih detailnya silahkan mengunjungi website resmi wisata agro ptpn XII.

Saran untuk pengunjung yang datang secara rombongan, agar lebih hemat dalam berlibur, disarankan untuk menyewa villa.

Untuk konsumsi saat berlibur dapat disiasati dengan membawa makanan-makanan yang cukup awet selama berkunjung.

Paket agrowisata

Melakukan kegiatan rekreasi di Agrowisata Kebun Teh Wonosari meski telah terjangkau, tetap bisa menjadikan kantong pengunjung bolong.

Kegiatan yang kurang terorganisisir kadang kala dapat meningkatkan pengeluaran yang tidak diduga, sehingga untuk beberapa kondisi penggunaan paket wisata dapat bermanfaat.

Seperti yang dilansir fauzanmiftakhul.wordpress.com Agrowisata Kebun Teh Wonosari telah menyediakan paket-paket wisata yang menarik serta bermacam-macam.

Di sana telah disediakan 5 jenis paket yang dari kelima paket tersebut masih dibagi menjadi beberapa jenis lagi.

Paket meeting dan gathering untuk rapat, seminar, atau kegiatan pesta baik ulang tahun atau pernikahan. Paket ini dimulai dengan harga Rp 185.000 sampai Rp 520.000 dengan minimal 50 orang.

Paket outbond, cocok untuk kegiatan diklat yang seru dan menyenangkan. Dengan berbagai macam games outdoor seru.  Harga dimulai dari Rp 60.000 sampai Rp 140.000.

Paket camping, untuk yang senang camping rame-rame. Dengan minimal harga Rp 58.000 per orang untuk pemesanan 50 orang sudah dapat menikmati fasilitas lahan, tenda, api unggun serta 3 kali makan.

Paket edukasi sangat cocok untuk study tour baik untuk anak SD sampai Mahasiswa. Untuk paket yang paling terjangkau, yaitu harga Rp 35.000 per orang dengan pemesanan minimal 20 orang, pengunjung telah mendapatkan tour kebun dan pabrik dengan pemandu, serta gratis snack, minum teh dan makan siang.

Paket yang terakhir yakni paket petik teh dengan harga Rp. 93.000 per orang dengan minimal pemesanan 5 orang.

Dengan harga tersebut, pengujung dapat menikmati fasilitas alat petik, tour kebun dan pabrik bersama pemandu, snack, makan siang, serta souvenir teh.

Info-info yang lain

Setelah melihat penjelasan di atas, pengujung biasa masih dapat berkunjung serta ikut menikmati wisata di sana dengan membayar tiket sebesar Rp. 8.000 per orang selama weekday dan Rp. 12.000 per orang selama weekend.

Pengujung juga tidak usah risau pulang dari sana bertangan hampa, karena di sana telah disediakan toko pusat oleh-oleh yang tidak hanya menjual produk teh saja.

Termasuk juga bagi pencinta tanaman, di sana juga tersedia toko tanaman dan bunga hias, yang mungkin tidak didapatkan di kampung halaman.

Penutup

Melepas kepenatan dengan mengujungi wisata-wisata alam sangatlah direkomendasikan, selain sangat memanjakan mata.

Wisata alam juga dapat menjadi bagian dari perjalanan hidup kita merefleksikan kehidupan, yang di kemudian hari kita dapat lebih positif serta lebih menghargai kehidupan.

Termasuk juga menghargai alam sebagai anugerah tuhan yang maha esa yang diturunkan kepada kita, agar kita semakin cinta terhadap alam dan mau ikut menjaganya.

Jadi, mau jalan-jalan ke sana? Atau bagi yang telah ke sana tidak setuju dengan review ini, silahkan komen di bawah ya.

Kontributor : Hamdan Yusron (Mahasiswa Pertanian Universitas Jember/UNEJ)

Editor : TeknologiTani.com

Berapa rating artikel ini ?
Suka Artikel Ini? Share YES !

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *