TeknologiTani.com Teknologi Budidaya Tips dan Cara Ternak Kambing Kacang untuk Pemula

Tips dan Cara Ternak Kambing Kacang untuk Pemula

Tips dan Cara Ternak Kambing Kacang untuk PemulaUsaha Ternak kambing kacang merupakan salah satu kegiatan usaha agribisnis yang sangat menguntungkan.

Apa sih kambing kacang itu? Lalu apa bedanya dengan kambing biasa? Mengapa pilih kambing kacang bukan kambing pada umumnya?

Kambing kacang menurut KBBI, adalah kambing yang perawakannya lebih kecil daripada kambing biasa. Ciri khas lainnya yaitu kulitnya bewarna coklat, hitam, putih atau kombinasi ketiganya.

Meskipun perawakannya lebih kecil dari kambing biasa, kambing kacang mempunyai banyak kelebihan sehingga sangat patut sekali untuk dikembangkan.

Kambing Kacang

Kelebihan kambing kacang antara lain mudah beradaptasi dengan kondisi lingkungan, tidak mudah atau tahan terhadap serangan penyakit dan perawatannya yang terbilang mudah.

Mengingat tingginya permintaan daging kambing setiap tahunnya, maka kegiatan usaha agribisnis ternak kambing kacang menjadi alternative usaha sekaligus investasi yang menarik untuk bekal masa depan.

Baca juga : Tips dan Cara Budidaya Cacing ANC Untuk Pemula

Anda tak perlu khawatir nanti bagaimana cara menjual kambing kacang, karena banyak orang gemar makan kambing. Permintaan kambing juga meningkat tajam saat musim kurban.

Nah, sebelum memutuskan untuk membudidayakan kambing kacang, sebaiknya pikirkan dulu seberapa besar skala usahanya, Hal ini berhubungan dengan berapa modal awal untuk memulai bisnis budidaya ini.

Untuk memulai Budidaya kambing kacang anda membutuhkan lahan, kandang, bibit, pakan, dan tenaga kerja. Simak ulasan berikut untuk lebih detilnya.

Persiapan Lahan

Sekarang langsung saja kita membahas tentang bagaimana tahapan budidaya kambing kacang. Hal yang pertama adalah persiapan lahan.

Lahan yang dibutuhkan tidak harus luas, menggunakan pekarangan rumah yang terlihat cukup luas, apalagi jika jumlah kambing yang dibudidayakan tidak dalam skala besar.

Lahan bisa berupa tanah milik sendiri, ataupun menyewa. Karena masih tahap pemula tentu saja lahan atau tanah yang anda butuhkan tidak perlu luas.

Jika menggunakan tanah milik sendiri maka akan semakin mengurangi jumlah modal yang dikeluarkan, sehingga anda tidak perlu mengeluaran uang sewa tanah.

Luas tidaknya tanah yang anda butuhkan juga tergantung berapa banyak bibit atau indukan kambing kacang yang ingin anda ternakkan.

Pembuatan Kandang Kambing Kacang

Selanjutnya pembuatan kandang kambing kacang. Bahan pembuatan kandang kambing kacang tidak harus dari bahan kayu atau baja ringan yang mahal. Cukup menggunakan bambu saja, yang penting kandang bersih.

Kandang untuk tempat kambing dibuat menyerupai rumah kecil yang lantai kandangnya lebih tinggi dari tanah. Sediakan tempat untuk meletakkan pakannya juga.

Gambar kandang untuk ternak kambing kacang. Sumber gambar: ugm.ac.id

Jangan lupa anda harus membuat atap di bagian atas kandang untuk melindungi kambing dari terik matahari dan hujan.

Atapnya sebaiknya pakai genteng atau asbes, jangan seng karena bisa membuat kambing kepanasan saat terik matahari.

Pemilihan Indukan Kambing Kacang

Setelah kandang jadi dan siap pakai, siapkan bibit kambing kacang yang berkualitas. Bibit atau indukan yang perlu dipersiapkan minimal sepasang, seekor jantan dan seekor betina.

Indukan yang berkualitas mempunyai ciri-ciri antara lain sehat, tidak cacat, berkaki lurus dengan badan panjang, warna bulu bersih dan segar, tidak pucat, pertumbuhan tidak abnormal, nafsu makan tinggi, berpenampilan gagah, aktif dan gesit bergerak dan memiliki keinginan yang tinggi untuk kawin.

Penyediaan Pakan

Pakan yang digunakan untuk kambing kacang umumnya berupa dedaunan/ramban. Daun yang sering dijadikan makanan kambing kacang adalah daun pisang.

Daun pisang mudah sekali ditemukan khususnya lagi di pedesaan. akan sangat bagus lagi jika anda memiliki kebun pisang sendiri sehingga anda tidak membutuhkan biaya tambahan untuk penyediaan pakan.

Penyediaan Probiotik dan Temulawak

Supaya kambing kacang bisa tumbuh dan berkembang dengan sehat dan cepat, jangan lupa berikan probiotik dan temulawak.

Probiotik ini diberikan dengan tujuan untuk menyeimbangkan nutrisi kambing kacang. Frekuensi untuk pemberian probiotik dilakukan minimal seminggu sekali untuk menunjang kesehatan kambing kacang yang di pelihara.

Sedangkan temulawak bermanfaat untuk menambah nafsu makan kambing. Pemberian temulawak dianjurkan secara rutin minimal seminggu sekali.

Pemberian temulawak terbukti dapat meingkatkan berat badan kambing hingga 300%.

Pemberian Vaksin

Vaksinasi pada kambing seringkali dianggap remeh. Padahal proses vaksinasi pada kambing kacang sendiri juga sangat diperlukan agar kambing terhindar dari serangan penyakit yang dapat menimbulkan kerugian dalam usaha budidaya kambing kacang ini.

Vaksin untuk kambing berupa suntikan harus dilakukan oleh ahlinya. Untuk kegiatan vaksinasi, anda bisa menanyakan ke dinas peternakan di kota anda.

Melakukan Perkawinan

Perkawinan kambing kacang dilakukan jika usia kambing sudah cukup siap kawin, yakni saat usia kambing betina berumur 8 bulan.

Cara melakukan perkawinan kambing kacang cukup sederhana saja yaitu cukup dekatkan kambing jantan dan betina agar saling suka dulu. Jika itu sudah berhasil maka tanpa anda minta perkawinan akan terjadi dengan sendirinya.

Jika anda kesulitan melakukannya sendiri, anda bisa meminta bantuan orang lain yang jauh berpengalaman dalam hal budidaya kambing kacang.

Penutup

Sebagai pemula anda bisa mulai dengan 1 pasang induk kambing kacang jantan betina yang saya rasa tidaklah terlalu sulit. Dengan harga bibit berkisar 1-2 juta rupiah per ekor, indukan jantan maupun betina.

Untuk pembuatan kandang, anda bisa menggunakan ukuran standar 1,25 m x 2m, dimana ukuran kandang tersebut cukup untuk menampung 1 indukan dengan anaknya.

Bentuk kandang kambing kacang ukuran besar. Sumber gambar: sunnahaqiqah.com

Jadi untuk beternak sepasang kambing kacang anda bisa mulai dengan membuat 2 kandang masing-masing berukuran 1,25 m x 2 m. Tentunya dengan biaya pembuatan kandang yang cukup murah.

Tertarik beternak kambing kacang untuk pertama kali? Selamat mencoba !

Berapa rating artikel ini ?
Suka Artikel Ini? Share YES !
1 Likes

Author: AdminTT

Petani - BlogPreneur - Hiker - Spicy Lover

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *